Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Swasta Bandar Lampung

Ida Bagus Indra Putra Pidada, Riswanti Rini, Maman Surahman

Abstract


Problems in this research is the low learning habits and achievement IPS of students of V grade Private Elementary. This research aims to determine the relationship between learning habits with learning achievement IPS on V grade students Private Elementary. The method used in this research is ex post facto correlation. The population in this research amounted to 106 students, then using the method of slovin sampling to 84 students. Data collection in this research is by using questionnaire and documentation method, While the data analysis using correlation analysis with product moment correlation formula. The results of data analysis show that there is a positive, close and significant relationship between learning habits with learning achievement.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa, lalu dengan menggunakan metode slovin sampel menjadi 84 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi, Sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi dengan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif, erat dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar.

Kata kunci: kebiasaan belajar, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial.


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

BSNP. 2006. Standar Isi. Departemen Jakarta: Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, Erwan Agus& Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Admnisitrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Rohman MS, Abdulah. dalam skripsi yang berjudul Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Rosyida, Fatiya Dkk. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA.http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index. Diakses Tanggal 22 Mei 2017 Pukul 19.00 WIB.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sayfudin, Muhammad Nur. 2015. Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Adiwarno. (Skripisi). http://digilib.unila.ac.id. Diakses Tanggal 1 Desember 2016 Pukul 14.23 WIB.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trisna, Agung Kiat. 2016. dalam skripsi yang berjudul Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Adiwarno. Lampung. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.