Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV
Abstract
Problems in this research was the limited study results of IPS. The purpose of this research is to find the influence of which is significant at the implementation of contextual towords learning outcomes of IPS grade IV students.The kind of research this is research experiment.Population in research are37 people.Thesampling need purposive sampling, with value judgments mid the first half odd were 30 students.Design research used namely non equivalent control group design.Technique the data collection was done to technique test.Analysis data using t-test the pooled variance and programs Statistical Product and Service Solution ( SPSS ) 23.The calculation used SPSS 23 shows that there are significantinfluence on the implementation of contextual towords learning outcomes of IPS grade IV students.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikanpadapenerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, dengan pertimbangan nilai mid semester ganjil berjumlah 30 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes.Analisis data menggunakan t-test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23. Hasil perhitungan menggunakan programSPSS 23 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refittka Aditama.
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Ditjen Dikdasmen. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mahadani, Ni Md. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Mnemonic Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus III Sukawati. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siwalatri, Ni Md. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Semarapura Tengah. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun. 2014. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.