Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Role Playing dengan Tema Cita-Citaku

Des Sinta Sari, Nurlaksana Eko Rusminto, Darsono Darsono

Abstract

This Research and Development aims to develop LKPD teaching materials and to know the effectiveness of LKPD based Role Playing. This research method is a research and development by Borg & Gall. The population in this study were students in Elementary School Margototo Kecamatan Metro Kibang as many as 145 students and 4th grade research sample Elementary School 1 Margototo as many as 40 students. Instruments used are tests and non-tests to measure learners' learning outcomes in terms of cognitive aspects. The final product of this research is LKPD which has been validated by material experts, media experts and classroom teachers. The results showed that LKPD was developed based on the needs analysis of learners and can be used in the National Curriculum, LKPD interesting and easy to use seen from the student's response, and LKPD effective for improving learners' learning outcomes before using and after using LKPD.

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD dan mengetahui efektivitas LKPD berbasis Role Playing. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan oleh Borg & Gall. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik di SD Negeri Margototo Kecamatan Metro Kibang sebanyak 145 peserta didik dan sampel penelitian kelas IV SD Negeri 1 Margototo sebanyak 40 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik ditinjau dari aspek kognitif. Produk akhir penelitian ini berupa LKPD yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan dapat digunakan pada Kurikulum Nasional, LKPD menarik dan mudah digunakan dilihat dari respon siswa, dan LKPD efektif untuk meningkatan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan dan setelah menggunakan LKPD.

Kata Kunci: LKPD, role playing, hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References

Arham. 2011. The Interest of Nursing Students in Learning English Uses Role Playing Models To Develop Speaking Skills. International Jurnal of Chemical Education. Volume 4. No 2:441-457

Andrew. 2009. Simulation Role Playing to Enhance Business Interaktive Skills on Learner. Jurnal of International peer Reviewed. Volume 3. No 3: 517-528

Bhattacharjee. 2013. Efektivitas of Role-Playing Model on the Konstruktion of Education Jurnal of English and Education. Volume 3 No. 3: 95-105

Depdiknas. 2013. Belajar efektif dimulai dari lingkungan yang berpusat pada diri murid. Jakarta: Media Group.

Depdiknas. 2013. Belajar efektif dimulai dari lingkungan yang berpusat pada diri murid. Jakarta: Media Group.

Dinata. 2011. Pembelajaran Role Playing dan Kemenarikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita. 2014. Pengembangan Pembelajaran Tematik menggunakan model Role Playing. Yogyakarta : Universitas Negeri.

Sudjana. 2009. Panduan kreatif dalam pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

_______. 2009. Panduan kreatif dalam pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Statistika dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insani.

_______. 2011. Metode penelitian pengembangan. Bandung: Refika Aditama.

Syamsu, Basri. 2000. Role Playing suatu bentuk aktivitas pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Trianto. 2009. LKPD adalah kegiatan mendasar dalam upaya pembentukan kemampuan dasar. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.