Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik

Estri Aprilianti, Erni Mustakim, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research was the students result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of discovery learning implementation to the students result of thematic learning and the difference between the use of Discovery learning and conventional learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The design used was Nonequivalent Control Group Design.This method was to find out the effect of giving the treatment of the object (experimental group) and also to find out how big the effect of the treatment was. The data analyzed by using simple regression formula and t-test. The result shows there is a significant effect of the discovery learning implementation to the students result of thematic learning and there is difference of students result of thematic learning by using discovery learning and conventional learning student.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Tujuan penelitianuntuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan perbedaan penggunaan pembelajaran Discovery Learning dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Metode ini melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik serta terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa.

Kata kunci : model pembelajaran discovery learning, hasil belajar.

References

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.