Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Patoman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control grup desain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 67 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan purpose sampling. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan Uji Regresi Linear dan Uji-t .
Kata kunci : model discovery learning, pembelajaran IPS,hasil belajar IPS
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hosnan.2014.Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriklum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.