PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 9 SUBTEMA 1

Nila Oktaviani, Herpratiwi Herpratiwi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem of this research is haven't been applied the role playing method in thematic learning. The objective of this research is to find out the effect of role playing methods on learning outcomes in healthy and nutritious food as a topic and my healthy and nutritious food as subtopic. The instument using a multiple choice test. One-Group Pretest-Posttest Experimental Design is used in this research. The data were analyzed by t test. The result showed that there is an effect of role playing method on learning outcomes that is shown by mean score of posttest (75,92) which is higher than students mean score of the pretest (59,8).

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diterapkannya metode bermain peran dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar pada tema makanan sehat dan bergizi subtema makananku sehat dan bergizi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan uji t. Hasil analisis data diperoleh simpulan terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest (75,92) lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest (59,8).

Kata kunci: hasil belajar, metode bermain peran, tematik

References

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri., & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Husamah, Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapain Kompetensi, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Izzaty, Rita Eka. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kartini, T. 2007. Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1-5.

Lutan, Rusli. 2001. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pegetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagakerjaan.

Murtadlo, M. N. 2012. Penerapan Metode Role Playing pada Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat Mata Pelajaran IPS Ekonomi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP 4 Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(1).

Setyowati, R. D. 2010. Peningkatan kualitas penghayatan tokoh padapembelajaran apresiasi drama melalui metode bermain peran pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Suarsana, I. B. P., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar IPS dan Motivasi Berprestasi Kelas V SDN Gugus II Laksamana Jembrana. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.