Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar

Dwi Reni Okta Riani, A. Sudirman, Sarengat Sarengat

Abstract


The background problems in this research is the low social study results of student were still low. The purpose of research is to find significant and positive influence of peerteaching model on social study learnig outcomes. This research is an experiment research. Population of this research is all of the IV grade students of SD Negeri 2 Way Huwi. Samples of this research are IV B grade which consists of 20 students and IV A with 21 students. The research designused is non equivalent control group design. The data collection technique is done by using technique test. The analysis data is using t test pooled varians and the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) program.The result of the testing of hypotheses testing shows that there is an influence of peerteaching model on social study learning outcomes IV grade student of SD Negeri 2 Way Huwi.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Way Huwi. Sampel penelitian kelas IV B berjumlah 20 siswa dan kelas IV A 21 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif pada model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Way Huwi.

Kata kunci: tutor sebaya, hasil belajar, IPS.


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Model-model,Media, dan Strategi Konstektual (Inovatif). Bandung.Cv Yrama Widya.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta.Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta.Paranama Publishing.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Solo. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Saiful, Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta. Kencana Preneda Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Susanto. Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pengembangan di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia.

Trianto. 2010. Pengembangan Model Tematik Pembelajaran Tematik. Jakarta. PT Prestasi Pustakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.