HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V
Abstract
This research is motivated by the low learning achievement of IPS and the low attitudes of self-reliance of students in grade V SDN 2 Banyumas, Pringsewu District. The purpose of the study to determine the relationship of learning independence with student achievement. This type of research uses correlational research. The variables studied were learning independence (X) and learning achievement IPS (Y). The sampel of this research was 32 students. The collecting techniques used were questionnaires and documentation. Data analysis technique using product moment correlation. The results showed that there is a positive relationship between learning independence with learning achievement IPS with correlation coefficient value of 0.445.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS dan rendahnya sikap kemandirian belajar siswa kelas V SDN 2 Banyumas Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Variabel yang diteliti adalah kemandirian belajar (X) dan prestasi belajar IPS (Y). Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah kuisioner dan dukomentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,445.
Kata kunci : kemandirian belajar, prestasi belajar, IPS
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Danuri. 2010. Kemandirian Belajar. Bandung : Sinar Baru
Febriastuti. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Unnes Phisyc Education Journal 2 (1). Diakses pada tanggal 7 Februari 2017.
Hamadi. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung : Pustaka setia
Moerdiyanto, Muhamad Sobri. 2014. Hubungan Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. e-journal Harmoni Sosial Volume 1 Nomor 1 Tahun 2014. Diakses pada tanggal 7 Februari 2017.
Morrison Goorge .2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud
Refbacks
- There are currently no refbacks.