Pengembangan LKPD Berbasis Model Artikulasi pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di Gugus Satu Kecamatan Batanghari

Eka Puspitasari, Darsono Darsono, Pujiati Pujiati

Abstract

This study aims to produce and to test the effectiveness of Worksheet Students articulation model based on thematic learning fourth grade students. This research method is a research & development. Product worksheet of students that is 1) Validation by lecturers of materials experts and design experts, 2). Individual trials, 3). Small group trials, 4).Field trials. The population study is 107 students fourth grade student in the district of Batanghari, and the sampel are 46 students.The technique of collecting data using questionnaires, observations, and tests of learning outcomes. The results of development research in the form of worksheet product based on articulation model on thematic learning, Data analysis shows that the worksheet based on the articulation model of effective thematic learning is used to improve learning outcomes in thematic learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model artikulasi pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Uji validasi produk LKPD dilakukan: 1) Uji validasi oleh dosen ahli materi dan ahli desain, 2). Uji coba perorangan, 3) Uji coba kelompok kecil 4). Uji coba lapangan. Populasi penelitian adalah 107 siswa kelas IV SDN di Gugus Satu Kecamatan Batanghari, dan sampel 46 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan berupa produk LKPD berbasis model artikulasi pada pembelajaran tematik, analisis data menunjukkan bahwa LKPD berbasis model artikulasi pada pembelajaran tematik efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik.

Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, model artikulasi, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

References

Eko, Praptanto. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Multi Pressindo. Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Lee, Che Di. 2014. Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes Lack of Readiness, and Science Achievent: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, Vol 2. Hal 97-105.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara. Jakarta.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.Yogyakarta.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.Yogyakarta.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Santoso. 2011 Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sundayana, Rostina.2015. Statistik Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rieneka Cipta. Jakarta.

Toman, Ufuk, 2013. Extended Worksheet Developed According To 5e Model Based On Contructivist Learning Approach International Journal on New Trends in Education and Their Implication. Vol. 4, Issue 4, 2013, Hal 173-183.

Trianto. 2009 Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Yildirim, N., Kurt, S,& Ayas, A.2011. The Effect of The Worksheet on Students Achievement in Cheminal Equilibrium. Journal of Turkish Science Education. Vol.8(3), Hal 44-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.