PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV

Dian Puspita Wahyudi, Nazaruddin Wahab, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem of this research is the low outcomes learning IPA. This research aims to know the influence of the use experimental method towards learningoutcomes of IPA. The type of research used in this research is quantitative research with research design posttest only control design. Instrument that use are test and observation, with explanation that test instrument is to know learning outcomes of IPA and non-test instrument is a observation sheet to know of the use experimental method in learning process. Data were analyzed using simple linear regression and independent sample t-test. The results of the analysis concluded that there issignificant influence of the use experimental method towards learning outcomes of IPA and there are differences significant between the learning outcomes of experimental class and control class at students in class IV SD Negeri 1 kampungBaru academic year 2016/2017.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitianbertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadaphasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi, dengan penjelasan bahwa instrument tes untuk mengatahui hasil belajar IPA pada siswa dan instrumen tes berupa lembar observasi untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Data analisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t test. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kampung baru Tahun Ajaran 2016/2017.


Kata kunci: metode eksperimen, hasil belajar, IPA


References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.