PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK

Siti Rohma, Sulistiasih Sulistiasih, Nelly Astuti

Abstract


The purpose of this research wasimprove the activity and learning outcomes of students with the application of quantum teaching learning model. The type of this research is Classroom Action Researchwhich carried out as much as 2 cycles, each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used non-test techniques and tests. Data collection tools in the form of observation sheets and test questions. Data analysis techniques used qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of quantum teaching model can improve student activity and learning outcomes.

.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

.

Kata kunci: quantum teaching, aktivitas, hasil belajar, tematik.


References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2011 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Darojah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV . (Online), (https://www.google.co.id/search?q=jurnal+tentang+model+pembelajaran+quantum+teaching&oq=jurnal+tentang+model+quantum+&aqs=chrome.1.69i57j0l4.11178j0j7&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8. Diakses 23 Mei 2017).

Hernawan, Asep Herry, dkk. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Kosasih & Sumarna. 2013. Pembel-ajaran Quantum dan Optimali-sasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2010. Langkah-langkah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Poter, dkk. 2014. Quantun Teaching: Mempraktikkan di Ruang-ruang Kelas. Bandung.Kaifa.

Rusman. 2014. Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2013. StarategiPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.

Siregar. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa.(Online) ,(Https://www.google.co.id/search?q=jurnal+tentang+model+pembelajaran+quantum+teaching&oq=jurnal+tentang+model+quantum+&aqs=chrome.1.69i57j0l4.11178j0j7&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8. Diakses 23 Mei 2017).

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukor. 2014. The impact of Quantum Teaching Strategy on Student Academic Achievement and Self-esteem in Inclusive School .(Online), (http:// mjli.uum.edu.my/index.php/current-issues/vi. Diakses 7 Febuari 2017).

Yanuarti. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching. (Online), (https://www.google.co.id/search?q=jurnal+tentang+model+pembelajaran+quantum+teaching&oq=jurnal+tentang+model+quantum+&aqs=chrome.1.69i57j0l4.11178j0j7&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8. Diakses 23 Mei 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.