Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS

Deniq Hudawati, Siswantoro Siswantoro, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research is to find significant and positive influence on the contextual approach based on graphic media social study result. The population in this research is the student of V grades of SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua. The sample in this research is students of class VA amounted 29 students and class VB amounted 30 students. The kind of research this is research experiment. Design research used non equivalent control group design, class VA as experiment class and class VB control class. Technique the data collection was done to technique test. Teknik analysis data form kuantitatif using the Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23. The result of the testing of hypotheses shows that obtained Sig (2-tailed) 0,002<0,05 so Ho reject meaning there are influence contextual approach based on graphic media social study result V grade student of SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan pendekatan kontekstual berbasis media grafis terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 29 siswa dan kelas VB berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa kuantitafif dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Sig (2-tailed) 0,002, (0,002 < 0,05) sehingga Ho ditolak artinya ada pengaruh pendekatan konekstual berbasis media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua.

Kata kunci: pendekatan kontekstual, media grafis, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.

Daryanto. 2013. Media Pembela-jaran (Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran).Yokyakarta. Gra-va Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta. Depdiknas.

Hamdayama, dan Jumanta. 2014. Model dan Metode Pem-belajaran Kreatif dan Ber-karakter. Bogor. Ghalia Indo-nesia.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. (Terjemahan Ibnu Setiawan, Cetakan VII). Bandung. Mizan Learning Center.

Mahadiani, Ni Made. 2013. Penga-ruh Pendekatan Kontekstual berbantuan Mnemonic terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus III Sukawati. Unversitas Pendidikan Ganesha. Skripsi Diterbitkan.

Rusditya, Wika Praja. 2013. Penga-ruh Pendekatan Pembelajaran Konekstual berbasis Kelompok Kecil terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas V SD Gugus 1 Blahbatuh Gianyar. Unversitas Pendidikan Ganesha. Skripsi Diterbitkan.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pem-belajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

_________. 2014. Penelitian Pen-didikan: Jenis, Metode dan Pro-sedur. Jakarta. Kencana Pre-nada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Pe-nelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto. 2014. Pengembangan Pem-belajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Ja-karta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.