HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan minat baca siswa yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yang berjumlah 65 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung.
Kata kunci: minat baca, prestasi belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.