Penerapan Model Inkuiri dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Abstract
The purpose of this research was to improve student grade four learning outcomes through the application of inquiry model with picture media in SD Negeri 3 Murni Jaya. The type of this resarch was classroom action research, with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection technique used notes engineering and test, data collection tool in the form observation sheet to asses teacher performance, affective learning outcomes and psychomotor learning outcomes, about the test used to determine cognitive learning outcomes of students. Analysis of data using qualitative and quantitative analysis techniques. The result showed that application of inquiry model can improve student science learning outcomes.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model inkuiri dengan media gambar di SD Negeri 3 Murni Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes, alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai kinerja guru, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor, soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci: hasil belajar, model inkuiri, IPA.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Rajawali Pers.
Rustaman, Nuryani. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta. Universitas Terbuka
Sadiman, Arief S., dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta. Pustekkom Dikbud dan PT Rajagrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta. BumiAksara.
________2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Wardani, I G A K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.