HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI

Lina Haryati, Sulton Djasmi, Erni Mustakim

Abstract


This research is about low achievement in learning sciences at high level of Elementary School 1 Labuhan Ratu and habitual learning process as one of factor to achieve the goal of learning process. The objective of this research is to know the correlation habitual learning process between achievement in learning sciences at high level of Elementary School 1 Labuhan Ratu. The researcher used (proportionate stratified random sampling) technique which consisted of 64 student. In collecting the data, the researcher used questionnaire to gained the variable of habitual learning process and documentation to gained the variable of achievement in learning. To analyzing the data the researcher used T-test. It means that there is significant correlation between habitual learning process between achievement in learning sciences at high level of elementary school 1 Labuhan Ratu

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Jenis penelitian yang digunakan  adalah ex post facto korelasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini berstrata secara proporsional (proportionate stratified random sampling) sebesar 64 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian  ini  menggunakan  kuesioner untuk  memperoleh  data  variabel kebiasaan belajar dan studi dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi belajar. Teknik analisis data dalam mengambil keputusan diterima atau ditolaknya hipotesis yang diajukan menggunakan analisis korelasi Serial dan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Labuhan Ratu.

Kata kunci: kebiasaan belajar, kelas tinggi, prestasi belajar IPS


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2015. UU Sistem Pendidikan (UU RI No. 20 Tahun 2003). Bandung: Sinar Grafika.

Dirman & Cicih Juarsih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2014. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: UPI Bandung.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.