Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The purpose of this research are to analyze and to know the influence of active learning strategy card sort type towards social learning outcome. The type of this research is experimental research. The design that used in this research is non-equivalent control group design.This research was held at elementary school number 10 East Metro. The population in this research are all 4th grade students with a total of forty-one students. The sample in this research are IVA class with a total of twenty-one students as experiment class and IVB class with a total of twenty students as control class.Data collecting techniques are test, questionnaire and observation sheet. Data analysis using independent sampel t-test with the help of SPSS 23.0 program. The result of hypothesis test indicates that there are positive and significant influence between active learning strategy card sort type towards the 4th grade students at elementary school number 10 East Metros social learning outcome.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 10 Metro Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data dilakukan dengan tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan independent sampel t-test dengan bantuan program SPSS 23.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur.
Kata kunci: strategi pembelajaran aktif, card sort, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakaraya.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.Depdiknas.
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Alfabeta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor.Ghalia Indonesia.
Kurniawati, Ariska Etik. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort dengan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 1 Taruban Nogosari Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta.UMS. Dapat diakses pada URL: http://eprints.ums.ac.id/42958/3/02. Diakses pada Senin, tanggal 21 November 2016, pukul 10.00 WIB.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Rahayu, Fajar Sri. 2013. Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS bagi Siswa Kelas IV SD Segugus 2 Kecamatan Pengasih Kulon Progo.Yogyakarta.UNY. Dapat diakses pada URL: http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/11180/99/1156.Diakses pada Senin, tanggal 21 November 2016, pukul 10.25 WIB.
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung.Nuansa Cendekia
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.