Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
The purpose of this research was to improve result learn mathematics students on the model cooperative learning type numbered head together class VC SD Negeri 9 Tegineneng. The method of the research was Classsroom Action Research (CAR) consisting of two breeding cycles, every cycle having four stage, which are (1) planning, (2) the implementation, (3) observation, and (4) reflection. Technique data collection using a technique non a test and technique test.The data collected analyzed using analysis data qualitative and quantitative .The research results show that through model cooperative learning type numbered head together can improve result learn mathematics students.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model cooperative learning tipe numbered head together kelas VC SD Negeri 9 Tegineneng. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: numbered head together, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB & TK. Bandung. YramaWidya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Hamdayama & Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.
Hasanah, Soviatun. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 05 Metro Selatan dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Tahun Pelajaran 2012/2013. http://digilib.unila.ac.id/23407/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%5D.pdf. Diakses pada tanggal 5 Desember 2016. Lampung. Universitas Lampung
Hendriana, Heris & Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung. PT Refika Aditama.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta. Delia Press.
Susanto, Ahmad. 2013. Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2006. Lampiran 1 Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Utari, Dewi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. http://digilib.unila.ac.id/22614/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada tanggal 1 Desember 2016. Lampung. Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.