PENERAPAN SPBM DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD
Abstract
The purpose of this research is to improve student learning outcomes by applying problem-based learning strategy with graphic media. The method of the research is classsroom. Action at least Research (CAR), which held at least 2 cycles, each cycle consist of planning, implementating, observing, and reflecting. Data collection techniques is conducted by completing non-test techniques and tests. Observation sheets and test questions are used as instruments of data collection technique. Data is analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of problem-based learning strategi with graphical media improves learning outcomes IPS elementary school students.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD.
Kata kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, media grafis, hasil belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung.CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2011 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pem- belajaran. Jakarta.PT RajaGrafindo Persada.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.Depdiknas.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta.Rajawali Pers.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-Model Pem- belajaran Mengembangkan Pro-fesionalismeGuru.Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2013. Starategi Pem-
belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta.Kencana.
Tim Penyusun. 2013. Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 tentang Standar isi. Jakarta. Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.