Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika

Nurul Suparni, Yulina Yulina, Asmaul Khair

Abstract

The purpose of this research is to find significant influence on the models cooperative learning type jigsaw towards mathematics study result. The kind of research this is research experiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test. Analysis data using t test pooled varians and the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the testing of hypotheses shows that there are significant influence model cooperative learning type jigsaw towards mathematics study result V grade students of SD Negeri 1 Metro Timur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspriemen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur.


Kata kunci: jigsaw, hasil belajar

References

Gunawan, Muhamamad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Parama Publishing.

Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Jaya, Eko Prayoga. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung.

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Satyawan, Hari. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VII MTs Assyafiiyah Gondang Tulunggagung Tahun Ajaran 2010/2011. Tulungagung. STAIN. (tanggal akses, Jumat 14 Oktober 2016 @ 19.25 WIB).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

_____. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Jakarta. Grafika.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.