Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6

Rista Ristiani, Rapani Rapani, Alben Ambarita

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of type of cooperative models scramble on learning outcomes of students on the theme of human and animal organs of the human body subtema teaching 3 classes SDN 1 Metro North. This research is an experimental research. Data collected by the testing techniques. Data collection tool in the form of multiple choice questions. Based on the results of hypothesis testing t = 2,692> t table = 2.005 (? = 0.05), the Ha received the conclusions are significant and positive impact on the implementation of cooperative learning model scramble toward student learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema organ tubuh manusia dan hewan subtema tubuh manusia pembelajaran 3 kelas V SDN 1 Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes.Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung = 2,692 > ttabel = 2,005 (? = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: scramble, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Artini, Ayu. 2014. Pengaruh Model PembelajaranScrambleBerbantuan Media Semi Konkret terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus KaptenKompiangSujana.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138645&val=1342.Diakses pada tanggal 30 November 2016.

Handayani, Sri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII di SMP negeri 2 Satu Atap Kepenuhan Hulu

TahunPembelajaran2014/2015.http://ejournal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/article/view/362. Diaksespadatanggal 30 November2016.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta. Kata Pena.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI.Solo.Tiga Serangkai.

Kasmadi & Nia, Siti Sunariah.2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif.Bandung. Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung. PT Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta. Prenadamedia Group.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.