HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Rahayu Safitri, Herpratiwi Herpratiwi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in this research is the low learning outcomes students of social science grade 5 th. The purpose of this research is to know relationship between family environment and learning outcomes students of social science. Samples were taken as 30 students from grade 5th C of the total 110 population. Data collection techniques in this research using questionners and test. The result of the data analysis technique using correlation formula, obtained count r = 0,990, which means the correlation is positive. The precentage coefficient of determination shows the results of 98,01%, which means the family to contribute to the learning outcomes of school science of 98,01 %.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang rendah pada kelas V SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 110 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas V C sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,990 yang berarti korelasi tersebut positif. Persentase Koefisien Determinasi menunjukkan hasil 98,01% yang berarti lingkungan keluarga memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPS sebesar 98,01%.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, lingkungan keluarga.

References

Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidiksn. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 34 dan 90

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 16

Purwanto, M Ngalim. MP. 2004: Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. 141

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 54 dan 60-64

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 6

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo. 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.