Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn

Rina Murniati, Rapani Rapani, Yulina Yulina

Abstract


The background of this research is the low of civic education study result. The purpose of research objective was to determine the effect of cooperative learning model talking stick type to the study result. This type of method-shaped experimental research was quasi experimental design with experimental design non equivalent group design. The data collection is done by using a pretest and posttest questions, which are then analyzed using quantitative data. Analysis data  using independent sample t test with the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result showed that the cooperative learning model talking stick type can effect study result.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PKn. Jenis metode penelitian adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan independent sample t test dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar PKn.

 

Kata kunci: talking stick, hasil belajar, PKn.



References


Amoy, Deana. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Pontianak Barat. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jp-dp/article/view/8146. Diakses pada 5 Maret 2017 Pukul 20.00 WIB.

Huda, Miftahul . 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Penyusun . 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.