Pengaruh Penerapan Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar IPS

Yesi Wulan Sari, Darsono Darsono, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this study to determine the effect of the application of cooperative learning model of the type of team assisted individualization on learning outcomes. This type of research is experimental research with the experimental design non equivalent control group. The data collection is done by using a written test questions, which are then analyzed using quantitative data. The analysis data using t test pooled varians and the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results showed that there is significant influence on the implementation of cooperative learning model of the type of team assisted individualization of the learning outcomes of cognitive social science IVB grade students of SD Negeri 1 Simbarwaringin the academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen thenon equivalent control group. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas IVB SD Negeri 1 Simbarwaringin tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: team assisted individualization, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Aisah, Ade Tini Kartini. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi. Bandung. UPI.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ningwiasih, Fajar Rahayu. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB Negeri 1 Raman Endra Lampung Timur. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R. E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Penyusun.Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas. Diakses Tanggal 25 Oktober Pukul 19.00 WIB

________ . 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

________ . 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2012. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan& Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.