HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA REALIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV

Rinah Apriani, Fitria Akhyar, Erni Mustakim

Abstract


This researchs purpose is knoeing relationship between using relia media and achievement of mathematics on elementary school 1 way kandis the fourth students. Method of this research is using kuantitatif research and the type is correlation research, but taking sample is total sampling. Collecting data in this research is using questionnaire, test and documentation, and analisys data is using correlation product moment. The results of analisys data which using the formula of correlation product moment is gotten by t count koefisien presentation points on 21%. Futhermore,result of t count is 3,338 > t table is 0,258. So, Ha is gotten and Ho is denied it has positive relationship between using realia media and achievement on mathematics of elementary school 1 Way Kandis the fourth students, Bandar Lampung City in The Lecture 2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media realia dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment .Hasil penelitian analisis datadiperoleh nilaikoefisien korelasi sebesar 0,459 yang berarti korelasi tersebut positif. Persentase koefisien determinasi menunjukkan hasil 21%. Selain itu, hasil yaitu 3,338 >yaitu0,258 sehingga, Ha diterima dan Ho ditolak yang berbunyi ada hubungan yang positif antara penggunaan media realia dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: media realia, prestasi belajar matematika.


References


Departemen Pendidikan Nasional. 2009. UU SISDIKNAS (UU RI NO 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: bp Pustaka Candra.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharjo. 2010. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.