HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA
Abstract
The problem in this research was the learning achievement of Indonesian students who are lower in the fourth grade students of SD Negeri 1 Segala Mider Bandar Lampung in academic year of 2015/2016. The purpose of this research was to determine the corellation between the discipline of learning and the learning achievement of Indonesian students. This type of research used in this study a correlation study. The population in this study were all fourth grade students with the number of 49 students as well as a sample. Data collection techniques in this study used documentation, and questionnaire. The results of the data analysis technique used product moment correlation formula the result of research showed that there is a positive corellation between the discipline of learning with the learning achievement of Indonesian students.
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa yang rendah pada siswa kelas IV SD Negeri1 Segala Mider kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 49 siswa yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi,dan angket. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa.
Kata kunci:disiplin belajar, prestasi belajar, bahasa indonesia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi,Abu dan Widodo,supriyono.2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dimyati dan mudjiono.2006. Rahasa Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
______________2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT: Rineka Cipta
______________2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ginting, Lukas. 2000. Pendidikan Moral. Jakarta: Erlangga
Hartono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Jakarta: PT. Pustaka Belajar
Hamalik,Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
______________. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Margono, 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rinea Cipta
Martono, Nanang. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajawali Pers
Riduan.2012. Belajar Muda Penelitian (Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta
Riyanto.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT: Bumi Aksara
Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada :
Sardirman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Siregar , Eveline.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media
Slameto.2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT : Bumi Aksara
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: PT. Alfabeta
Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Undang Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud
Zuriah, Nurul.2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.