HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA

Diana Permatasari, Maman Surahman, Fitria Akhyar

Abstract


The problem in this research was the learning achievement of Indonesian students who are lower in the fourth grade students of SD Negeri 1 Segala Mider Bandar Lampung in academic year of 2015/2016. The purpose of this research was to determine the corellation between the discipline of learning and the learning achievement of Indonesian students. This type of research used in this study a correlation study. The population in this study were all fourth grade students with the number of 49 students as well as a sample. Data collection techniques in this study used documentation, and questionnaire. The results of the data analysis technique used product moment correlation formula the result of research showed that there is a positive corellation between the discipline of learning with the learning achievement of Indonesian students.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa yang rendah pada siswa kelas IV SD Negeri1 Segala Mider kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 49 siswa yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi,dan angket. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa.

           

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, bahasa indonesia.


References


Ahmadi,Abu dan Widodo,supriyono.2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati dan mudjiono.2006. Rahasa Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

______________2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT: Rineka Cipta

______________2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ginting, Lukas. 2000. Pendidikan Moral. Jakarta: Erlangga

Hartono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Jakarta: PT. Pustaka Belajar

Hamalik,Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

______________. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Margono, 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rinea Cipta

Martono, Nanang. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajawali Pers

Riduan.2012. Belajar Muda Penelitian (Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta

Riyanto.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT: Bumi Aksara

Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada :

Sardirman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siregar , Eveline.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media

Slameto.2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT : Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: PT. Alfabeta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Undang – Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Zuriah, Nurul.2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.