HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Rendi Wahyudi, Erni Mustakim, Tambat Usman

Abstract

The problemin this research was about student learning outcome of IPS that still low and the using of library as learning resource had not fully utilized. The purpose of this research was to know the correlation between library learning resource with student learning outcome. This research used descriptive method and the type of research used correlation research. The sample of this research were 90 students in grade V of SDN 01 Sawah Lama. Sampling technique used total sampling, independent variable in this research was library learning resource and the dependent variable was student learning outcome. The technique of collecting data used questionnaire and documentation. The result of this research showed that rcount (0,451) > rtable (0,207), so it can be concluded that there was positive and close enough correlation between library learning resource with student learning outcome of IPS.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang rendah dan penggunaan sumber belajar perpustakaan siswa yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sumber belajar perpustakaan dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Sawah Lama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sebanyak 90 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah sumber belajar perpustakaan, variabel terikat hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rhitung sebesar (0,451) > rtabel yaitu (0,207) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan cukup kuat antara sumber belajar perpustakaan dengan hasil belajar IPS siswa.

Kata kunci: penggunaan sumber belajar, perpustakaan, hasil belajar siswa

References

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Soeatminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.