PENERAPAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn
Abstract
The research purposes were to increase the activity and students learning achievement of Civics by applying cooperative learning model scramble type. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and formative question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the applying cooperative learning model scramble type can increase the activity and students learning achievement of civics.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe scramble. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa.
Kata kunci: cooperative learning tipe scramble, aktivitas, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kasmadi & Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.
Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Surya. Malang: Pena Gemilang.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Refbacks
- There are currently no refbacks.