PENERAPAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn

Uchti Prihastin

Abstract

The research purposed to raise activities and study result of PKn by the application of take and give. The method of research was classroom action research implemented in two cycles that consist of planning, action, observation, and reflection. The instrument of data collection used observation sheet and formative test. The tecniques of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The research outcome show that the application of take and give could raise activities and study result of PKn.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui penerapan take and give. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan take and give dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa.

Kata kunci: Take and Give, aktivitas, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Amaliah, Siti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Take and Give terhadap Retensi Siswa dalam Tatanama Ilmiah pada Konsep Jamur (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2010. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasaih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, Puji. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Taufik, Taufina. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Sukabina Press.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.