PENERAPAN MODEL TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Abstract
The purposes of this research were to improve the students study result of science by implementing cooperative learning model group investigation type. Type of the research method was classroom action research implemented in two cycles that consist of planning, action, observation, and reflection. Data were collected by non test and test technique. The instrument of data collection used observation sheet and formative test. The techniques of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implementationof cooperative learning mode group investigation type can improve students study result of science.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jenis metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci: hasil belajar, IPA, group investigation.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitasan Guru. Jakarta: Kata Pena.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka. Belajar.
Sutrisno, Leo. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.
Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 mengenai Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v4i7.11513
Refbacks
- There are currently no refbacks.