PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Dhyna Novelsa, Sarengat Sarengat, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The research purposes were to increase students activity and study result of sciences education by implementing inquiry model. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implemention inquiry model could increase students activity and study result of sciences.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model inquiry. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa.

Kata kunci: model inquiry, aktivitas, hasil belajar

References

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo persada.

Tim Penyusun. 2010. UURI No 20 Th 2003 Tentang Sisdiknas PPRI Th 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Bandung: Citra Umbara.

Wardani, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.