HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD

Imam Subianto, Nazaruddin Wahab, Tambat Usman

Abstract


The problem of this study is the less optimum of IPS student learning outcomes. This study aims to determine the relationship between the use of media with the results of social studies fourth grade students of SD Negeri 7 Bagelen. The population of this research were 30 students, with the sampling technique used is saturated samples, in which all members of the population sampled, then a sample of 30 students. The independent variable was the use of instructional media (X), while the dependent variable is the result of social studies (Y). Collecting data in this study is to use the method of observation, testing, and documentation, as well as data analysis using the Pearson product moment correlation analysis. The calculations show r hitung 0.72 > rtabel 0,361. Thus it can be concluded that there is a positive relationship between media use and closely with the results of social studies teaching fourth grade students.

Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 7 Bagelen. Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yang mana semua anggota populasi dijadikan sampel, maka sampel sebanyak 30 siswa. Variabel bebas adalah penggunaan media pembelajaran (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment Pearson. Hasil perhitungan menunjukkan r hitung 0,733 ? r tabel 0,361. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan erat antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV.

Kata kunci : hasil belajar, media pembelajaran, IPS.


References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

C, Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan pembelajaran. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.