PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
The aims of research were to increase the activities and study result of students by implementation of Explicit Instruction models. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analyze. The results of research showed that implementation of Explicit Instruction models for social sciences learning can improve the activities and study result of student.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Explicit Instruction. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Explicit Instruction dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, explicit instruction.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kardi, S. Dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru. Jakarta: Pt Rajawali Pers.
Mulyasa. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.
Sapriya, dkk. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI PRESS.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajara dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.
Trianto. 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.