PENGARUH TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD

Dwi Ariyani, Darsono Darsono, Mugiadi Mugiadi

Abstract

The purpose of study was to determine the effect of cooperatif learning model with the type of Team Games Tournament (TGT). The method with posttest only control design was used in this study. The sampel consisted of 20 subjects as the experimental group and 20 subjects as the control group with purposive sampling as the sample technique. The instrument in collecting the data used test sheet. Hypotheses were tested using analysis of two sampling uncorrelation. The result of research showed that implementation of cooperatif learning model type tgt gave effect to study result of student with sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,021 < 0,05.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan rancangan metode posttest only control design. Sampel terdiri 20 subjek kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis dua sampel tidak berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe tgt berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,021 < 0,05.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, TGT.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Muna, Nur Laelatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. IAIN Tulungagung. (diakses On Line) http://repository.iain-tulungagung.edu. Diakses pada 10 April 2016 @05.30 WIB

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Taniredja, Tukiran. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.