PENERAPAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR

Apriyani Apriyani, Darsono Darsono, Sowiyah Sowiyah

Abstract

The research purposes were to increase students democracy attitude, teacher performance and study result by applying think pair share model. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the applying think pair share model can increase studentsdemocracy attitude and study result of civic education.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan sikap demokrasi, kinerja guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model think pair share. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think pair share dapat meningkatkan sikap demokrasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: think pair share, sikap demokrasi, kinerja guru, hasil belajar

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hartina. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kasmadi, Sunariah. 2014. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Komalasari,Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kota Pena.

Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno. 2004.Guru Demokrasi di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.