PENERAPAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Lisa Arfina, Mugiadi Mugiadi, Rapani Rapani

Abstract


This study was conducted to improve students learning activity and result by using active learning team quis type. The method that used in this research was classroom action research, it was conducted in two cycles and each cycle consisted of: (1) planning, (2) acting, (3) observation, and (4) reflection. The instrument of data collecting used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative technique. The result of study showed that the aplication of active learning team quis can improved the students result and activity in learning. The average score for cycle I showed Active category and for cycle II got Active. The average score for cycle I showed Low category and for cycle II got High category.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan active learning tipe team quis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes.Teknik analisis data mengunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan active learning tipe team quis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori Aktif dan siklus II memperoleh kategori Aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I menunjukkan kategori Rendah dan siklus II memperoleh kategori Tinggi.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, active learning tipe team quis.


References


Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, H., 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Insan Madani.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ihsan, F. 2008. Dasar-dasar kependidiakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaran Sd. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.