PENGARUH MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Giatri Ramadhania, Cut Rohani Bitai, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using three-dimensional visual media on the results of students' mathematics learning. This research was a quasi-experimental research method that see the effect of a treatment (treatment) on an object (experimental group) and see the great influence of the treatment. Design of this research was the One-group pretest-posttest design. The study population was the fifth grade students of the elementary school as many as 136 students, the sample in this study were students of class VB as much as 40 students, and it because the majority of students in the fifth grade has not reached the KKM. Collecting data was using the test. Data were analyzed using Paired Sample t Test in SPSS 17.0 for Windows. The results were obtained t value of 15.479. Based on these results it can be concluded that the three-dimensional visual media influence on students' mathematics learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Desain dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri sebanyak 136 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sebanyak 40 siswa, hal ini disebabkan karena sebagian siswa di kelas V B belum mendapatkan nilai KKM. Pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Paired Sample t Test pada program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 15,479. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media visual tiga dimensi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: media visual tiga dimensi, hasil belajar, matematika.

References

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pembelajaran, Jakarta;Rajawali Pers

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno, Duwi. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon

Soedjaji. 2000, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 1999/2000.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.