PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Komang Okayana, Muncarno Muncarno, Yulina Hamdani

Abstract

The research purposes were to increase students learning achievement of mathematic by applying problem based learning model. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the applying problem based learning model can increase students learning achievement of mathematic.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model problem based learning. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem basedlearning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, matematika

References

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan

Sagala, S. 2013. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Tim Penyusun. 2003. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wardhani, I.G.A.K. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta.: GP Press Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.