HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Faqih Muhammad Ridho, Alben Ambarita, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this research was to find a significant correlation between the students perception of teachers pedagogical competence in mathematics learning achievements. This type of research was ex-post facto correlation. The data were collected by non-test techniques, namely; questionnaire and documentation study. Data collecting instrument used was questionnaire with Likert scale, which tested for validity and reliability in advance. Data analysis technique used product moment correlation formula. The result of the hypothesis test showed t count = 3.040 > ttable = 2.000 (with ? = 0.05). It means, there is a significant correlation between the students perception of teachers pedagogical competence in mathematics learning achievements. The contribution of variable X towards variable Y is 13.542%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes, yaitu; kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan thitung = 3,040 > ttabel = 2,000 (dengan ? = 0,05). Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar matematika. Kontribusi varibel X terhadap variabel Y sebesar 13,542%.

Kata kunci: persepsi, kompetensi pedagogik, prestasi.

References

Ambarita, A. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Haryanto. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. (Online), (http://belajarpsikologi.com/ Pengertian-Prestasi-Belajar/, diakses tanggal 6 November 2015 Pukul 20.36 WIB).

Irham, M., Novan A. W. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Masidjo, I. 2007. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas RI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.