PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA

Isna Malihatul Aini, Riswandi Riswandi, Lilik Sabdaningtyas

Abstract

The purpose of this research was to know the influence using discovery learning model toward students thematic learning outcomes. This type of research was pre experimental research with one group pretest posttest design. The sample of this research were students of V B as the control class as well as the experimental class. Sampling was with purposive sampling technique. Data collection techniques in this study were using the test, observation and documentation. Hypothesis testing using simple linear regression. Based on the results of hypothesis testing it showed that there was an influence of using discovery learning model toward students thematic learning outcomes of five grade students in SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung school year 2014/2015.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V B sebagai kelas kontrol sekaligus sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: model pembelajaran, discovery learning, hasil belajar tematik.

References

Mulyani, Sri. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik dengan Tema Cita-Citaku melalui Metode Discovery pada Siswa Kelas IV SDN 5 Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabuaten Lampung Selatan. Skripsi FKIP Universitas Lampung. Lampung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2011. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.