PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD

Dapat Syahputra, Darsono Darsono, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The problem in this research was motivated by the low activity and student result of study in social studies learning classes V A SD Islam Al Muhsin South Metro. The purpose of this research was to improve the activity and student learning outcomes by implementing cooperative learning model STAD. This type of research was classroom action research. This research was conducted by 2 cycles where each cycle consists of: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. Data collection techniques used arenon-testtechniques and tests. Data collection tool using sheet guide observation and tests. The data analysis technique used was the analysis of qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of the model cooperative STAD type can enhance the student activity and learning result.

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V A SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, STAD

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bentari Buana Murni.

Alma, Buchari. 2003. Hakikat Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Anni, Catharina Tri dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Putra.

Djahiri, K. 2004. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryadi. 2007. Budi Pekerti 5. Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.

Kasim, Melany. 2008. Model Pembelajaran IPS. (Online)

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2007. Budi Pekerti 6. Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.

Nurgiyanto, Burhan. 2011. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thobroni, Muhammad Dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). 2006. Bandung: Fermana.

Wardhani, I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, W.S. 2002. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.