HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Maryati Maryati, Fitri Akhyar, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Problems in this study were the low mathematics learning outcomes of students, the environment and learning interest which make less support in the learning process of the fourth grade students at SD Negeri 1 Rajabasa Bandarlampung academic year 2014/2015. The population in this study were 120 students, with a sample of 30 students while sampling thechnique used was simple random sampling. The independent variable was the learning environment (X1) and interest in learning (X2) while the dependent variable was the result of learning mathematics (Y). Results of the data analysis showed that (1) there is a significant relationship between the learning environment with learning outcomes of Mathematics with a correlation coefficient of 0.684, (2) there is a significant relationship between learning interest with the learning outcomes of Mathematics with a correlation coefficient of 0.670, (3) there is a significant relationship between the environment and learning interset with the mathematics learning outcomes with coefficient of 0.710.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Matematika siswa, lingkungan dan minat belajar yang kurang mendukungnya proses pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Kota Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, dengan sampel sebanyak 30 siswa sementara tekhik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel bebas adalah lingkungan belajar (X1) dan minat belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika (Y). Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar Matematika dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,684, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Matematika dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,670, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan dan minat belajar dengan hasil belajar Matematika dengan koefisiensi sebesar 0,710


Kata kunci: lingkungan belajar, minat belajar, hasil belajar matematika.

References

Djamarah. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali, H. 2008. Pisikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Heruman. 2008. Metode Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saroni, Muhammad. 2006. Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.