PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRESTASI SISWA: ANALISIS PERSEPSI GURU LINTAS JENJANG
Abstract
Teachers' professionalism can be determined by teachers' perception towards principalship's behaviour. This study aimed at describing teachers' perception towards principalship's behaviour, which were categorized in six indicators; planning, implementing, supporting, advocating, communicating, and monitoring. This study employed a survey in a cross sectional design involving 108 teachers from preschools (24), primary schools (26), junior high schools (26), as well as senior high schools (32) in Lampung province. The finding suggests that in general teachers' perception towards all components of principalship's behaviour have been indicated quite positive. Teachers have perceived planning and implementing indicators very positively, supporting and monitoring were perceived quite positive, while communicating and advocating have been perceived less positive.
Kinerja profesional guru ditentukan oleh persepsi guru terhadap perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang meliputi 6 (enam) indikator yaitu perencanaan, implementasi, dukungan, advokasi, komunikasi, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cross sectional design melibatkan 108 orang guru yang terdiri dari 24 guru Taman Kanak-Kanak, 26 orang guru Sekolah Dasar, 26 guru Sekolah Menengah Pertama, dan 32 guru Sekolah Menengah Atas di Provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi guru terhadap seluruh komponen perilaku kepemimpinan kepala sekolah menunjukkan kategori cukup positif. Indikator perencanan dan implementasi dipersepsikan sangat positif oleh guru, dukungan dan pengawasan dipersepsikan cukup positif, sedangkan indikator komunikasi dan advokasi dipersepsikan kurang positif.
Kata kunci: persepsi, perilaku kepemimpinan, prestasi siswa
Full Text:
PDFReferences
Chval, K., Abell, S., Pareja, E., Musikul, K., & Ritzka, G. 2008. Science and mathematics teachers' experiences, needs, and expectations regarding professional development. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 31-43.
Dharma, Surya. 2012. Program Peningkatan Kemampuan Profesionalitas Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional. Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Hatch, Evelyn and Farhady, Hossen. 1982 Research Design Statistics. Messachuset:Newburry House Publisher, Inc.
Mulyasa, E., & Mukhlis. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): sebuah panduan praktis. Remaja Rosdakarya.
Wagner, T. 2001. Leadership for learning: An action theory of school change. Phi Delta Kappan, 82(5), 378-383.
_______ 2012. Pedoman Kemampuan Profesional Guru SMA. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga kependidikan (PPTK), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
________Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.
________Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
________Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
________Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.