PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Kevin H. Tupamahu, Frely S. Aipassa

Abstract


This study was conducted to test the application of Quantum Teaching Model to improve learning outcomes of economy subject in basic competence to preparing financial statements in the service company. This study using class action research (PTK). This study was conducted in one of the high school in the city of ambon, on economic subjects. PTK is done through two cycles to measure student learning outcomes. In this study, the subjects were students of class XI IPS consisting of 26 students and 1 teacher economic subjects. The results of this study indicate that the application of Quantum Teaching Model can improve student learning outcomes, which at the end of the test in second cycle, where the number of students who achieve even pass KKM is 25 student with an average grade of 80.38 and at 96.15% kasikal completeness.

Keywords: quantum teaching model, learning outcomes.


Penelitian ini dilakukan untuk menguji Penerapan Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahan Jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di kota Ambon, pada mata pelajaran ekonomi materi akuntansi. PTK ini dilakukan melalui dua siklus untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 yang terdiri dari 26 orang siswa serta 1 orang guru mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada tes akhir siklus II jumlah siswa yang mencapai bahkan melewati KKM sebanyak 25 orang dengan rata-rata kelas sebesar 80,38 dan ketuntasan kasikal sebesar 96,15%.

Kata kunci: model pembelajaran kuantum, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anni, C. T. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto , Suharsimi. 2002. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

De Porter, Bobby, Mark Reardon & Sarah Singar Nourie. 2003. Ed. 1, cet. ke 13. Quantum Teaching. Mempraktikan Quantum Learning di Ruang Ruang Kelas. Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Djamarah, B. S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamalik, O. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawardani, Dewi. 2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: CV Teguh Karya.

Nur Aisyah, MIMIN. 2009. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: CV Sahabat.

Nur Alina, Rakhmawati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Diskusi Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar Kelas X Semester I SMA N 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta; Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syadyah, CHIMUDATUS. 2009. Ekonomi 2 kelas XI SMA dan MA. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.