UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

Dwi Hasmidyani

Abstract


The purpose of this research is to increase the participation and learning outcomes at the Microeconomics course. Problem solving method used is classroom action research by applying cooperative learning NHT (Numbered Heads Together). The results showed an increase in student participation and learning outcomes in which scores of participation and learning outcomes of students increased in every cycle.

Keywords: cooperative learning NHT, participation, learning outcomes

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata kuliah Ekonomi Mikro. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dimana skor partisipasi dan hasil belajar mahasiswa meningkat disetiap siklus.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe NHT, partisipasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Mata Pelajaran Sejarah Kurikulum 2004. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin, dkk., 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukidin, dkk., 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Insan Cendekia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.