EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Agung Putra Wijaya

Abstract


This quasi-experimental research aimed to know the effectiveness of realistic mathematics approach learning viewed by students learning activities, response, and comprehension of mathematical concepts. The population of this research was all students of grade V of SDN 2 Sukarame Bandar Lampung. The sample of this research was taken randomly and it was gotten students of VB class as the sample. The research data were obtained by a sheet of learning observation, questionnaire, and test. The result of hypothesis test showed that the percentage of students in an active category was over than 85%, the percentage of students in positive response on learning was over than 80%, and the percentage of students in good comprehension of mathematical concepts was over than 70%. Thus, realistic mathematics approach learning was effective in students of grade V of SDN 2 Sukarame Bandar Lampung.

Keywords: comprehension of mathematical concepts, learning activities, realistic mathematics approach, response


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic ditinjau dari aktivitas belajar, respon, dan penguasaan konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Sampel penelitian ini diambil secara acak dan diperoleh siswa kelas VB sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan tes formatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, angket, dan tes. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persentase siswa aktif lebih dari atau sama dengan 85%, persentase siswa dengan respon positif terhadap pembelajaran lebih dari atau sama dengan 80%, dan persentase siswa dengan penguasaan konsep matematis baik lebih dari atau sama dengan 70%. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik efektif diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung.

Kata kunci: aktivitas belajar, pendekatan matematika realistik, penguasaan konsep matematis, respon


Full Text:

PDF

References


Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hawa, Siti. 2006. Kegiatan Eksperimen pada Pengajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Forum Kependidikan.

Sahendra, Agus. 2009. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (Studi pada Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharta, I Gusti Putu. 2002. Matematika Realistik. Apa dan Bagaimana. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 038 Tahun ke 8 September 2002.

Sukotjo, Maranantia. 2008. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Studi pada Siswa Kelas V A Semester Genap SDN 3 Rajabasa Tahun Pelajaran 2007/2008). Skripsi tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.