Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Konsep Keberagaman Peserta Didik di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu

Purnia Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep materi keberagaman peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banyumas  yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 orang responden. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa teknik angket pada variabel independen (X) dan teknik tes pilihan ganda pada variabel dependen (Y). Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 20.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII sebesar 71,8 % dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta variabel dependen (Y) yaitu: toleransi, musyawarah dan kerja sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring  berpengaruh sebesar 71,8 % terhadap pemahaman konsep materi keberagaman peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banyumas. 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman, Konsep Keberagaman

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i2.86-91


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hardianto. 2020. Pengembangan Media Berbasis Komputer. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 6 Nomor 1.

Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education. Volume 4. Nomor 1.

Kesuma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom.. (2013). Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Adiatama.

Rahmawati, A. (2018). Pengeruh Keberagaman di Era Globalisasi Modern. Bandung : Penerbit Nusa Media.

Sudaryono. 2012. Pemahaman Konsep Belajar. Jakarta. Kencana Media Group.

Suharyanto, A. (2014). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Vol.2 No.1, 192-203.

Widodo. (2013). Konsep Pemahaman dalam Belajar. Bandung : PT Rosdakarya

Yolandasari. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan IAIN Salatiga. Vol. 2 No.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141