Children's Gross Motor Development: Analysis of the influence of Sensory Path Media with Clapping Games
Abstract
Keywords: Gross Motor, Sensory Path, Early Childhood
Full Text:
PDFReferences
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.
Asfinolia, & Jafar, dan E. S. (2022). Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 60–66. https://doi.org/10.35914/jepkm.v1i2.10
Aulina, C. N., Masitoh, S., & Arianto, F. (2024). Whole Brain Teaching and Multi-Sensory Environments on Cognitive Science Development : Moderated by Children ’ s Learning Preferences. 5(4), 963–977.
Ajeng Rizki Safira. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik:Caremedia.
Amruddin,et al. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo:Pradina Pustaka.
Anita Solihatul Wahidah & Indri Sulistyani. 2022. Penerapan Alat Permainan Edukatif Sensory Path Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A(Usia 4-5 Tahun) Di TK PGRI 3 Ngawi Ds. Mangunharjo Kec. Ngawi Kab. Ngawi. Jurnal Pendidikan. 7(1),25-40.
Dede Rahman & Abdul Aziz Hakim. 2022. Pengaruh Modifikasi Aktivitas Fisik Keseimbangan Terhadap Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Pada Masa Adaptasi Kehidupan baru. Jurnal Kesehatan Olahraga. 10(1), 198.
Dyah Budiastuti & Agustinus Bandur. 2018. Validitas dan Reliabilitas Penelitian: Mitra Wacana Media.
Fauziddin, M. (2018). Pemanfaatan Permainan Tepuk Dalam Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Pada Anak Usia Dini. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(5), 1371–1372.
Gary Noritz & Peter Rosenbaum. 2013. Motor Delays :Early Identification And Evaluation. American Academy for Cerebral Palsy and Developmental Medicine.
Grace K. M. Muhoozi, et al. 2016. Nutritional and developmental status among 6- to 8-month-old children in southwestern. Uganda Barat Daya: a cross- sectional study. CO-Action Publishing.
Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
K.M.Muhoozi, G., Atukunda, P., Mwadime, R., Iversen, P. O., & C.Westerberg, A. (2016). Nutritional and developmental status among 6- to 8-month- old children in southwestern Uganda: a cross-sectional study. 7.
Ludwig, T. (2021). Get Wiggles Out: Sensory Path a Motor-Based Intervention to Decrease Out-of-Seat Events in Presschool Children with Special Needs.
Moh Fauziddin. 2018. Pemanfaatan Permainan Tepuk Dalam Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Pada Anak Usia. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(5), 1370-1377.
Nursalim Malay. 2022. Belajar Mudah & Praktis Analisis Data dengan SPSS dan JASP. Bandar Lampung: CV Madani Jaya.
Noritz, G., & Rosenbaum, P. (2013). Motor Delays :Early Identification And Evaluation. American Academy for Cerebral Palsy and Developmental Medicine. 3.
Putu, N., & Kesumaningsari, A. (2023). Original Research Article Artikel Penelitian Orisinal “ Media Use and the Analytical Brain ”: Screen-Based Media Use and Behavioral Preference in Indonesian Children [ “ Penggunaan Media dan Otak Analitik ”: Penggunaan Media Berbasis Layar dan Preferensi Perilaku Anak Indonesia ]. 38(2), 460–496.
Rahayu, E. T., & Syafrida, R. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 7(4), 4232–4242. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5086
Rahman, D., & Hakim, A. A. (2022). Pengaruh Modifikasi Aktivitas Fisik Keseimbangan Terhadap Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Pada Masa Adaptasi Kehidupan baru. Kesehatan Olahraga, 10, 198.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 482–490. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Riskesdas. 2018. Laporan Nasional 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia.
Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan penelitian pendidikan. Alfabeta.
Teresa Ludwig, 2021. Get Wiggles Out: Sensory Path a Motor-Based Intervention to Decrease Out-of-Seat Events in Presschool Children with Special Needs. Amerika Serikat: Eastern Kentucky University.
Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wahidah, A. S., & Sulistyani, I. (2022). Penerapan Alat Permainan Edukatif Sensory Path Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Di Tk Pgri 3 Ngawi Ds. Mangunharjo Kec. Ngawi Kab. Ngawi. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 25–40. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.710
Wiranti, D. A., & Artikel, I. (2018). KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI Dwiana Asih Wiranti , dan Diah Ayu Mawarti. 9.
Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.