TIPE POLA ASUH ORANG TUA YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Arief Rahman, Revita Yanuarsari, Ella Dewi Latifah

Abstract


Abstrak. Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis tipe pola asuh yang berpengaruh terhadap rasa percaya diri anak karena rasa percaya diri merupakan modal kuat bagi anak untuk dapat menjalani kehidupan kedepannya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di TK Muthia Harapan Cicalengka Kabupaten Bandung dan respondennya adalah 15 orangtua siswa. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang bentuk-bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua, bentuk pola asuh paling efektif meningkatkan kepercayaan diri anak, kendala penerapan pola asuh orang tua untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan solusi terhadap kendala penerapan pola asuh orang tua. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak dengan tipe pola asuh demokratis cenderung mempunyai rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang diasuh dengan pola asuh otoriter maupun pola asuh permisif.

 

Kata Kunci: Pola asuh orang tua, kepercayaan diri, anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1-9.

Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah epistemologis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2).

De Vega, A., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433-439.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Fadhillah, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(253), 245.

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan percaya diri anak dengan permainan ular tangga edukasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630-638.

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168.

Hasanah, L. (2021). KORUPSI BICARA GURU DALAM PERKEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN. MURANGKALIH, 1(2).

Hashilah, S., Jonny, W., & Rini, A. (2020). PERANCANGAN FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN EDUTAINMENT DI KOTA PADANG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BUNG HATTA).

Lubis, J., Sintiya, S., Lestari, S., & Khadijah, K. (2022). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2080-2089.

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143-161.Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 80-88.

Sidiq, M. A. (2021, August). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Client Center untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Iman Sidodadi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339-1351.

Wulan Agustin, R. (2021). Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia Dini di Dusun Sumberejo Desa Lembeyan Wetan Kecamatan Lembeyan Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Yanuarsari, R., Muchtar, H. S., & Sintiawati, N. (2021). The Influence of Single Parent Parenting in Forming Early Childhood Independence. KnE Social Sciences, 99-108.

Yanuarsari, R., & Latifah, E. D. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERHITUNG MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA FLASH CARDS (Studi Deskriptif di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 128-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats