Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Bermain Kartu Scrapbook
Abstract
The problem in this research was the children low language ability aged 5-6 years old. The reserach aimed to determine the effect of playing scrapbook cards toward children language development. The research used quasi experimental method with one group pretest-posttest design. The sample in this research were 30 children aged 5-6 years old. Data were collected through observation and documentation, while in analyzing the data is paired sample test was used.The results showed that there was a significant influence of playing scrapbook cards toward children language development.
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan keterampilan berbahasa anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kartu Scrapbook terhadap pengembangan keterampilan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisisis data digunakan uji paired sample t-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam bermain kartu Scrapbook terhadap pengembangan keterampilan berbahasa anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: anak usia dini, kartu scrapbook, keterampilan berbahasa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyani. 2014. Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koripan Poncosari Srandakan Bantul”. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 2(1):59-71.
Bawono. 2012. Studi Pendahuluan Disflasia. Palembang. Jurnal Perkembangan Anak, 3(2) : 25-31.
Dale. 2016. Development a Language of childhood Education. The Child Development Institute, 3(4) : 35-45.
Damayanti. 2017. Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Siswa materi Keragaman Rumah Adat Indonesia. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 25(3):17-25.
Dhieni. 2006. Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk Implementasi Multiple Intelegences. Bandung: NUANSA.
Djuanda, D. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Gallagher. 2012. College Student Employment, Academic Progress,and Postcollege Labor Market Succes. Journal of Student Financial Aid, 23(2) : 5-14.
Gu. 2015. Language ability of Young English language learners Definition,configuration, and implications. Language Testing, 32(1) : 21-38.
Kaseng, A. 2016. Efektivitas Stimulus terhadap Bahasa Akuisisi Anak Usia Dini. Jurnal Pengajaran dan Penelitian Bahasa, 5(6) : 71-76.
Latifah. 2017. Penerapan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B Di TK Yalista Surabaya. Jurnal Universitas Terbuka, 7(5) : 8-91.
Sofia, A. 2018. Interaksi Sosial Antara Guru dan Anak dalam pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 7-18.
Solehuddin, A. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumijati, S. 2016. Aktivitas Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Referensial Anak-anak Prasekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yudha. 2015. Keterampilan Bahasa AUD. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.